Turunminum.id – Pada pertemuan Anggota IOC yang ke-142 di Paris hari ini, IOC memberikan pembaruan mengenai inisiatif keterlibatan digital dan pemasaran mereka.
Termasuk pencapaian tingkat keterlibatan digital Olimpiade yang memecahkan rekor menjelang Paris 2024.
“Tujuan utama dari Strategi Digital IOC adalah untuk mempromosikan atlet dan olahraga dengan meningkatkan keterlibatan digital di seluruh dunia, baik selama maupun antara Olimpiade.”
Tingkatkan Merek Olimpiade dan Ekosistem Digital
“Kami ingin lebih banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu dan lebih sering di platform kami.”
“Ini adalah cara paling efektif untuk meningkatkan nilai merek Olimpiade dan ekosistem digital kami demi keuntungan semua pemangku kepentingan,” ujar Yiannis Exarchos, CEO Olympic Channel Services.
Dalam 12 bulan menjelang Paris 2024, titik sentuh digital telah mengalami kemajuan pesat.
Salah satunya adalah Olympics.com, yang saat ini memiliki rata-rata 8 hingga 10 juta pengguna unik setiap bulan.
Jumlah ini dua kali lipat dari yang tercatat pada tahun 2021, yaitu tahun Olimpiade, dan menjadikannya salah satu platform olahraga digital terbesar di dunia. Perlu dicatat bahwa 40% dari audiens tersebut berusia di bawah 34 tahun.
Tren positif ini juga terlihat di akun media sosial Olimpiade, yang digabungkan di bawah Olympics menjelang Tokyo 2020, dan berperan penting dalam meningkatkan keterlibatan serta relevansi merek Olimpiade dengan audiens.
Pecahkan Rekor Sebanyak 1,1 Miliar
Pada bulan Juni lalu, tercatat adanya keterlibatan memecahkan rekor sebanyak 1,1 miliar, yang tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan sebelum Olimpiade Tokyo 2020 yang diadakan pada paruh pertama tahun 2021.
Tingkat keterlibatan digital Olimpiade yang baru ini merupakan hasil dari pelaksanaan strategi promosi Road to Paris 2024.
Dengan berbagai inisiatif, kampanye, dan aktivasi, termasuk Kirab Obor Olimpiade, peluncuran situs web dan aplikasi Olimpiade, Minggu Esports Olimpiade, kampanye Let’s Move, dan Tim Olimpiade Pengungsi.
Strategi yang fokus pada promosi Kualifikasi Olimpiade telah menjadi pendorong utama dalam peningkatan ini, jelas Leandro Larrosa, Direktur Keterlibatan Digital dan Pemasaran IOC, kepada Sesi tersebut.
Konten dibuat untuk lebih dari 400 acara Kualifikasi Olimpiade yang diselenggarakan oleh Federasi Internasional masing-masing.
196 Siaran Langsung dan 8000 Postingan
Di sini, 11.000 cerita atlet, 195 siaran langsung, dan lebih dari 8.000 posting media sosial menghasilkan lebih dari 600 juta keterlibatan.
Ini termasuk acara Musim Kualifikasi Olimpiade pertama yang diadakan di Shanghai dan Budapest, di mana hasil awal menunjukkan kekuatan merek Olimpiade.
Acara OQS, yang menampilkan merek Olimpiade, menghasilkan keterlibatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah dari acara kualifikasi individu sebelumnya di setiap olahraga.
Persiapan untuk Paris 2024 telah siap, di mana keterlibatan yang memecahkan rekor di seluruh ekosistem digital Olimpiade diharapkan akan terus berlanjut.
Dengan target 200 juta pengguna unik di situs web dan aplikasi, serta 7,3 miliar keterlibatan.